Minggu, 15 April 2012

METODE BERTANYA

TUGAS EVIDENCE BASED NURSING
Dosen : Supriyadi,SKep,Ns
LOGO STIKES NEW
 







                        Disusun Oleh ;
                                                NAMA            : AMONA RATNA AYU MAYA SARI
                                                NIM                : 04.11.2979
 KELAS          : E KP II


KONSENTRASI INSTRUMEN DAN OPERATOR BEDAH
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWAN
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN
SURYA GLOBAL YOGYAKARTA
2012
            Bertanya merupakan suatu hal yang paling saat di perluhkan untuk metode pembelajaran pada setiap pengetahuan. Bertanya dapat mengasah pengetahuan dan kemampuan pada subyek pembelajaran. Tingkat keingintahuan,sikap keaktifan sangat di perluhkan dalam bertanya sangat di perluhkan pada saat pembelajaran. Kemampuan bertanya juga akan memp engaruhi kemampuan kita berbicara di hadapan forum atau kelompok. Bertanya merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan seseorang untuk memahami sesuatu .
            Bertanya bisa di lakukan dalam sebuah forum atau kelompok. Dalam bertaya pastilah ada hal hal yang harus di lakukan dan di perhatikan dan kita juga harus mengetahui cara yang palif efektif untuk bertanya agar pertanyaan yang kita ajukan bisa di tanggapin dan menjadi feed back pada kita dengan kita paham yang di sampaikan oleh orang yang kita tanyai.
            Kegiatan bertanya akan lebih efektif bila pertanyaan yang diajukan cukup berbobot, mudah dimengerti atau relevan dengan topik yang dibicarakan.

“METODE BERTANYA”

Tujuan kita mengajukan pertanyaan “mengajukan pertanyaan

(1) mengembangkan pendekatan CBSA
 (2) menimbulkan rasa keingintahuan
(3) merangsang fungsi berpikir
(4) mengembangkan keterampilan berpikir
(5) memfokuskan perhatian siswa
 (6) menstruktur tugas yang akan diberikan
(7) mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 (8) menkomunikasikan harapan yang diinginkan oleh guru dari siswanya
(9) merangsang terjadinya diskusi dan memperlihatkan perhatian terhadap gagasan dan terapan siswa sebagai subjek didik.

Penggolongan Pertanyaan berdasarkan Tingkatannya
Pertanyaan dapat  digolongkan ke dalam enam kelompok  berdassarkan
tingkatannya
1) Pertanyaan untuk mengungkap kemampuan mengingat
2) Pertanyaan untuk mengungkap kemampuan memahami
3) Pertanyaan untuk mengungkap kemampuan menerapkan
4) Pertanyaan untuk mengungkap kemampuan menganalisis
5) Pertanyaan untuk mengungkap kemampuan menilai
6) Pertanyaan untuk mengungkap kemampuan menciptakan

           
Persiapan sebelum bertanya

1. Coba baca lagi dokumentasi produk tersebut baik-baik
2. Coba cari dahulu jawabannya dengan mencarinya di Internet (via Google, dll)
3. Coba cari jawabannya di arsip mailing list dari produk tersebut (kalau jawabannya sudah ada di arsip, kadang-kadang orang akan menjadi jengkel dengan pertanyaan Anda)
4. Dan seterusnya pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa Anda sudah berusaha untuk memecahkan masalah tersebut.Karena jika Anda tidak menyertakan bukti-bukti usaha Anda, maka orang lain cenderung melihat Anda sebagai pemalas dan tidak merasa tergugah untuk membantu Anda. 
Cara dan Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam bertanya ;
1. Gunakan kata/tag berikut ini jika kamu membutuhkan pertolongan
- tanya
- tolong
- diskusi
- help
- ask/wta(want to ask)
- minta/request
2. Gunakan bahasa yang sopan
Jika Anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh jika kemudian Anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda :-)
Gunakan kata-kata seperti "Apakah ada yang bisa membantu saya?", "Terimakasih banyak sebelumnya", dst.
Ingat bahwa para pakar tersebut tidak menerima bayaran untuk membantu Anda, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.

3. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat FAKTA UTAMA.
Karena jika Anda telah berasumsi begini, maka Anda akan kecewa sendiri ketika pertanyaan Anda tidak terjawab, dan alih-alih berusaha introspeksi kenapa tidak ada jawaban Anda malah akan cenderung menjadi marah-marah di forum tersebut dan semakin diabaikan oleh hadirin lainnya (atau kena caci maki balik).

4. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
Judul thread seperti "tolooongg!!!!" justru cenderung akan diabaikan, karena memberikan kesan bahwa Anda terlalu malas bahkan sekedar cuma memberi judul thread yang sesuai.
Judul thread seperti "Komputer restart sendiri setelah memasang Service Pack 3" akan mempunyai kans untuk dijawab yang lebih besar

5. Jelaskan masalah Anda secara detil berikut dengan berbagai data-data yang ada.
INGAT bahwa para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses komputer Anda, jadi sumber informasi mereka hanya posting dari Anda saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.

6. Buat agar thread Anda informatif dan tidak asal panjang lebar
Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat thread Anda menjadi sangat panjang malah justru akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan Anda

7. Tulis pertanyaan Anda dengan bahasa Indonesia yang benar.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi Anda



8. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak yang lain.
Kalimat seperti "ada bug di program akunting ini" tanpa bukti yang kuat akan cenderung membuat para pembuat program tersebut (yang jelas adalah para pakarnya) menjadi tidak tertarik untuk menjawab pertanyaan Anda, atau malah tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa Anda menemukan suatu masalah di program tersebut, jangan membuat klaim yang tidak bisa Anda buktikan.

9. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan Anda
Jika Anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan Anda salah, dan malah menunjukkan kebodohan Anda sendiri di depan umum.

10. Buat kesimpulan setelah permasalahan Anda terjawab
Setelah pertanyaan Anda terjawab / masalah Anda terselesaikan, balas thread anda yang membeberkan apa saj ayang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di forum


Hal yang perlu di perhatikan apabila pertanyaan kita sudah terjawab

1. RTFM atau STFW
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melakukan kesalahan yang fatal jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW) Jangan tersinggung, karena ini fakta (Anda melakukan kesalahan etika).

2. Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
Karena yang menurut Anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin Anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi Anda.Dan berbagai kemungkinan lainnya.
Yang lebih bijak adalah menenangkan diri Anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.

Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1.     Kemungkinan Anda akan mengatakan hal-hal yang memalukan Anda sendiri, padahal kebanyakan forum dan mailing list terarsip di Internet., dan bisa dilihat oleh seluruh penduduk dunia.
Tindakan Anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
 Para pakar di forum tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan. Yang lebih baik adalah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi petunjuk ini baik-baik.

2. Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang forum tersebut bukan forum yang tepat. Tapi jangan dibalas, karena Anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja forum lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.

Beberapa hal yang perlu dihindari dalam mengajukan pertanyaan:
a. Mengulangi pertanyaan sendiri.
Pertanyaan yang diajukan berulang akan mengurangi perhatian siswa dan
kurang memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir maksimal, karena
siswa akan berharap pertanyaan akan diulang kembali.
b. Mengulangi jawaban siswa
Mengulangi jawaban siswa terhadap pertanyaan yang diajukan guru kadangkadang dapat menjadi penguatan, namun dapat juga menjadi kendala dalam
Beberapa hal yang perlu dihindari dalam mengajukan pertanyaan:
a. Mengulangi pertanyaan sendiri.
Pertanyaan yang diajukan berulang akan mengurangi perhatian siswa dan
kurang memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir maksimal, karena
siswa akan berharap pertanyaan akan diulang kembali.
b. Mengulangi jawaban siswa
Mengulangi jawaban siswa terhadap pertanyaan yang diajukan guru kadangkadang dapat menjadi penguatan, namun dapat juga menjadi kendala dalam efisiensi waktu serta dapat mengurangi  perhatian siswa lainnya dalam menyimak jawaban teman.
c. Menjawab pertanyaan sendiri
Kebiasaan seorang guru  menjawab pertanyaan sendiri kurang memberi
kesempatan pada siswa untuk berpikir dan kesempatan mengajukan pendapat.
d. Pertanyaan yang memancing jawaban serentak.  
      Pertanyaan yang memancing jawaban serentak dari siswa menyebabkan
guru       tidak mengetahui mana siswa yang menjawab benar atau salah.
e. Pertanyaan ganda
Beberapa pertanyaan yang dilontarkan sekaligus dapat mematahkan semangat
siswa dan mengurangi partisipasi siswa.  Hendaknya pertanyaan-pertanyaan
diajukan secara terpisah.
f. Menentukan siswa sebelum pertanyaan  diajukan.
Siswa yang ditunjuk untuk menjawab suatu pertanyaan seyogianya ditunjuk
setelah pertanyaan diajukan, hal ini untuk menghindari siswa lain tidak
memikirkan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan guru, karena mereka
mengganggap bukan gilirannya.



Kesimpulan
            Apabila kita igin bertanya maka harus di perhatikan hal hal yang ada pada di atas tersebut..agar pertanyaan kita bisa terjawab dengan benar dan pasti orang yang menanggapi pasti akan segan dengan kita dan memberi applause buat kita. Jika pertanyaan kita bermutu dan memiliki bobot yang tinggi. Yang paling penting dalam hal ini kita tidak boleh menag sendiri dan hindari pertanyaan yang menuntut atau menghakim.. terimakasih..




Daftar Pustka






Tidak ada komentar:

Posting Komentar